+62 812-9870-5972 info@metricswork.com

Saat ini,  penggunaan video dalam media sosial memegang peranan penting. Bukan hanya menjadi fitur tambahan yang menarik untuk menampilkan apa yang bisnis Anda kerjakan, tapi juga menjadi tools utama dalam menjangkau dan menyalurkan kampanye bisnis Anda. Seperti dilansir dari Hubspot, 52% pemasar mengatakan bahwa konten dalam bentuk video mempunyai ROI yang lebih baik daripada konten dalam bentuk teks. Hal ini dikarenakan, video lebih dapat membangkitkan emosi dan menceritakan kisah dengan cara yang tidak dapat dilakukan oleh teks dan foto. Video juga dapat menjadi brand recall dimana konsumen mempunyai kemampuan untuk mengingat sebuah nama merek berdasarkan kategori produk dari memori mereka. Namun, perlu diingat bahwa beberapa jenis video terlihat bekerja lebih baik daripada jenis video lainnya. Dan berikut ini adalah 9 Jenis Konten Video yang dapat di gunakan untuk bisnis Anda.

1. Behind The Scenes

Pada dasarnya orang penasaran mengenai hal di balik layar. Jadi, gunakan momen ini untuk menceritakan mengenai budaya perusahaan Anda dan membangun koneksi bersama mereka dengan menunjukkan kepada audiens orang – orang yang bekerja di bisnis Anda. Tur kantor, menampilkan produk baru, dan kebiasaan di kantor dapat menjadi topik sempurna untuk konten behind the scene Anda.

2. Vlog

Video blog atau yang sering di singkat vlog saat ini sedang menjadi salah satu jenis konten video yang cukup populer untuk dapat meng-engage audiens. Hal ini di karenakan vlog mudah untuk dibuat, tidak memakan banyak biaya, dan tidak membutuhkan ide atau tema tertentu. Alih – alih mencoba memikirkan dan membuat konten baru untuk dibuat, Anda dapat mendokumentasikan perjalanan yang Anda kerjakan sehari – hari melalui vlog.

3. Interview dan Tanya Jawab

Konten dengan tema wawancara dan tanya jawab dapat menjadi cara yang bagus dan informatif dalam melibatkan audiens Anda. Wawancara dapat membantu membangun koneksi dengan mitra rujukan yang berpotensial dalam bisnis Anda, sedangkan konten tanya jawab dapat menjadi cara terbaik untuk berkomunikasi dengan audiens. Untuk melakukannya, Anda dapat mempersiapkan pertanyaan terlebih dahulu atau mengumpulkan pertanyaan dari audiens Anda

4. Announcement / Reveals

Have something going in your business? Konten dengan tema seperti ini adalah cara yang sempurna untuk membangun kegembiraan dalam mengumumkan berita besar pada bisnis Anda seperti perluasan atau memunculkan produk baru.

5. Tutorial / How To

Jenis konten ini menjelaskan cara kerja dan cara pakai suatu produk maupun jasa. Jenis konten seperti ini juga menjadi konten yang paling dicari semua orang. Namun Anda tetap harus berhati – hati karena konten yang bermanfaat harus lebih dari sekedar promosi dan soft selling. Karena audiens Anda tentunya cukup pandai dalam membedakan apakah mereka sedang dipaksa menjual atau tidak.

6. Promo, Deals & Give Away

Tak bisa dipungkiri, semua orang menyukai barang dengan harga yang good deals. Oleh karena itu, jenis konten seperti ini dapat menjadi jawaban untuk mempromosikan penawaran eksklusif Anda dan mengambil perhatian mereka dengan video yang menarik yang mempromosikan penjualan, promo maupun kontes berhadiah Anda. Jangan lupa juga untuk memberitahukan hadiah yang dapat audiens dapatkan. bukankah tujuan utama mereka untuk mendapatkan hadiah?

7. User Generated Content

Pada jenis konten video ini, biarkan audiens Anda yang membuat konten. Hal ini dapat dilakukan dengan cara me – repost konten mereka pada laman bisnis Anda. Namun pastikan Anda memberi tag pada pembuat konten. Hal ini juga dapat mendorong pengguna lain untuk melakukan hal yang sama.

8. Pameran

Video pameran dapat memperlihatkan kemeriahan yang terjadi dan memperluas jangkauan visibilities. Konten video ini dilakukan dengan meliput proses acara perusahaan. Anda dapat melakukannya dengan merekam, mengedit, ataupun mencoba streaming langsung dengan menggunakan sosial media live seperti Instagram Live, Facebook Live maupun Periscope Live bawaan twitter. Sehingga orang dengan mudah dapat mengetahui apa yang terjadi pada acara tersebut ketika mereka tidak dapat mengunjungi pameran secara langsung

9. Breaking News

Mengakses informasi pada masa ini sangat mudah. Setidaknya Anda akan mendapatkan beberapa berita dari media sosial mengenai hal yang sedang terjadi. Sehingga berita atau topik yang sedang tren diperbincangkan dapat menjadi peluang besar untuk Anda, baik itu pemberitaan perusahaan Anda sendiri atau mengenai peristiwa penting di dunia. Video menjadi cara yang tepat untuk memberikan tanggapan Anda. Video jenis ini bekerja dengan sangat baik melalui platform sosial media Twitter, karena di sana banyak orang membicarakan dan bahkan membuat beberapa hal menjadi trending

Itu dia beberapa jenis video yang dapat Anda gunakan sebagai konten bisnis Anda. Meskipun jenis dan topiknya berbeda, pada dasarnya video di media sosial memiliki kesamaan dalam hal menarik. Selalu gunakan prinsip Keep It Simple! dan pastikan juga Anda memposisikan diri Anda sebagai audiens. Jadi, ketika Anda mencoba untuk memutuskan ide video apa yang paling cocok untuk bisnis Anda. Jangan takut untuk menggunakannya dan lihat jenis video mana yang mempunyai tanggapan terbaik dari audiens Anda. Selamat mencoba dan jangan lupa share artikel ini, ya!

Facebook Comments
Whatsapp Consultation